Tanda Tubuh Manusia Kekurangan Protein

Anda membutuhkan protein untuk membangun otot dan membantu tubuh anda memulihkan semua energi yang telah digunakan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Banyak efek samping yang dapat terjadi pada tubuh anda jika tidak mendapatkan cukup protein dari makanan yang anda konsumsi. Berikut ini adalah tanda-tanda jika tubuh anda mengalami kekurangan protein.

  1. Mengidam Suatu Jenis Makanan


    Mengidam suatu jenis makanan terus-menerus dan sering memakan makanan ringan (snacks) di antara waktu makan, kemungkinan besar merupakan akibat dari melakukan pola makan (diet) yang tinggi karbohidrat dan rendah protein.

  2. Luka yang Lama Sembuh


    Anda memerlukan banyak protein untuk menyembuhkan sel kulit dan membangun kembali jaringan tubuh yang baru. Jadi jika anda terluka di suatu bagian tubuh dan memerlukan waktu yang lama untuk sembuh maka pola makan (diet) yang dilakukan seseorang bisa jadi memiliki kandungan zat protein yang rendah.

  3. Kulit Tubuh Terkelupas dan Rambut Menipis


    Kulit tubuh yang terkelupas, rambut menipis, dan kuku yang rapuh gampang patah merupakan tanda atau signal bahwa tubuh seseorang tidak mendapatkan cukup asupan protein dari makanan yang anda konsumsi.

  4. Nyeri Otot dan Sendi


    Otot tubuh yang lemah dan nyeri sendi yang sering terjadi merupakan signal bahwa tubuh anda tidak mendapatkan cukup protein dari makanan yang anda konsumsi. Jadi jika anda banyak mengonsumsi makanan olahan dan karbohidrat, sebaiknya anda mengganti makanan yang anda konsumsi dengan menu seperti ikan dan ayam, telur, dan susu.

  5. Sembap (Edema)


    Protein memainkan peran penting dalam menjaga cairan tubuh agar tidak terakumulasi menumpuk di dalam jaringan tubuh, terutama di bagian pergelangan kaki dan kaki. Keadaan cairan yang menumpuk di dalam jaringan tubuh ini dikenal dengan istilah sembap (edema) atau retensi cairan. Jadi sembap (edema) atau retensi cairan bisa menjadi salah satu signal bahwa tubuh seseorang mengalami kekurangan protein.

  6. Kekebalan Tubuh yang Rendah (Low Immunity)


    Jatuh sakit berulang kali dalam selang waktu yang singkat berarti kekebalan tubuh seseorang rendah dan tidak kuat. Sel-sel yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh manusia terbuat dari protein. Oleh karena itu, sistem kekebalan tubuh yang lemah bisa menjadi signal bahwa tubuh seseorang mengalami kekurangan protein.

Leave a Reply